Selasa, 06 September 2016

Tips Memilih & Membeli PLC Terbaik

Seperti yang ketahui, PLC adalah sebuah alat yang berfungsi untuk alat-alat industri. Pengontrol tersebut digunakan untuk mengatur logika alat-alat industri. Berberapa produsen industri menjual PLC, namun kita harus pintar-pintar memilih PLC agar sesuai kebutuhan kita. Dan dibawah ini ada berberapa tips memilih dan membeli PLC yang terbaik bagi anda:

1. Pastikan Kebutuhan Sistem Kontrol Yang Anda Inginkan
Dengan mengetahui kebutuhan sistem anda dengan melakukan survey dan analisis, maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk melakukan percobaan / mencari PLC yang cocok untuk industri anda.
2. Tentukan I/O Yang Anda Butuhkan
Tentukan jumlah digital & analog I/O serta kebutuhan I/O dengan fungsi khusus agar anda dapat mengotomasi sebuah mesin atau proses yang diambil secara mudah.
3. Menyusun Urutan Sequence System Control
Dengan merancangkan susunan sequence system control, maka anda tidak perlu repot mencari susunan yang tepat saat memasang PLC.
4. Membuat Flowchart System Control
Dengan membuat flowchart system control, maka logika yang berjalan dari PLC dapat berjalan dengan benar dan tidak menimbulkan masalah atau error.
5. Menentukan Tipe System Control Yang Ingin Dipakai
Dalam tipe sistem kontrol, ada 3 tipe yaitu Individual control (mengontrol mesin tunggal), Centralized control (mengontrol berberapa mesin secara terpusat) dan Distriburted control (mengontrol mesin dengan metode LAN dan dapat berkomunikasi dengan PLC lainnya).
6. Register Semua Input & Ouput Yang Terhubung Ke Terminal I/O di PLC
Register semua model I/O yang terkoneksi ke terminal I/O di PLC agar model I/O yang terkoneksi ke PLC dapat berjalan dengan baik
7. Menentukan Bahasa & Fungsi Program
Bahasa & fungsi program PLC ada tiga jenis, yaitu Ladder Booelan, Instruksi dasar & intruksi tambahan (math, PID, dst.)
8. Pertimbangkan Kapasitas Memori
Total memori mempengaruhi seberapa banyaknya kinerja program pada PLC anda, pastikan memilih sesuai kebutuhan anda
9. Mengevaluasi Kebutuhan Scan Time Prosesor
Pilihlah scan time yang cepat karena scan time sendiri merupakan waktu yang dibutuhkan CPU untuk proses pembacaan input, mengeksekusi program serta update pada output.
10. Menentukan Kebutuhan Peripheral
Terdapat berberapa jenis kebutuhan seperti tampilan grafis, line printer, operator interface, sistem dokumentasi serta sistem penginformasian laporan.
Dengan begitu maka bisa diketahui kategori PLC mana yang ingin anda pilih berdasarkan jumlah I/O dan komplektivitas dari kebutuhan PLC itu sendiri. Demikian tips yang kami sampaikan dan kami siap membantu & melayani anda dalam memilih PLC terbaik. Jika anda ingin membeli produk kami silahkan menuju halaman ini.

0 komentar:

Posting Komentar